Gocefa, Upacara Ritual Adat Bantik Manado

Pada bulan Januari 2012 yang lalu, ada suatu upacara adat masyarakat anak suku Bantik yang digelar di tepian pantai Teluk Manado tepatnya di Kelurahan Malalayang Dua Kecamatan Malalayang Kota Manado.

Ritual Gocepa Adat Bantik Manado

Gocefa merupakan upacara ritual masyarakat Bantik Kota Manado dan masyarakat Bantik yang berada di pesisir Sulawesi Utara (Sulut), yang konon lahir pada 2.000 tahun silam sebelum agama Kristen masuk ke tanah Minahasa.

Gocefa diyakini sebagai ritual adat dalam memanjatkan doa bagi kelangsungan hidup masyarakat pesisir yang bergantung pada laut, yakni yang tinggal di tepi laut, hidup dari laut, dan menyandarkan diri pada laut.

Iring-iringan rombongan pelaksana ritual adat gocefa di buka dengan penari kabasaran Bantik yang mengenakan pakaian serba merah dan bersenjatakan parang. Kemudian di ikuti oleh orang-orang tua mengenakan pakaian serba putih dengan berikat kepala merah. Dan terakhir para pemimpin upacara ritual yang adalah para pemuka agama. Doa-doa pun dipanjatkan dengan memakai bahasa Bantik.

Persembahan dikumpulkan lalu mereka memanjatkan doa permohonan dan menyanyikan lagu-lagu persembahan. Ketika matahari sudah tenggelam di ufuk barat, obor-obor segera dinyalakan secara bersama-sama. Lampu-lampu yang ada di sekitar tempat upacara dipadamkan.

Rakit bambu kecil yang disebut gocefa yang telah dimuati semua persembahan, dilepas dan di tarik oleh perahu motor kecil ke tengah laut. Nyala obor menari-nari ditiup angin laut. Seiring dengan matahari yang bersembunyi di peraduan, gocefa ditelan kegelapan malam pantai Teluk Manado. (Oleh : N. Raymond Frans),-

About these ads

3 responses to “Gocefa, Upacara Ritual Adat Bantik Manado

  1. SUSUN TETE BANTIK PONA

  2. mantap itu nage terus kembangkan dan perkenalkan budaya bantik.,..,jangan lupa oleh2 dari surabaya..,

  3. salah post maksudnya.,for donald..,Bravo bantik

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s