Potensi Produk Pariwisata Kota Manado

Produk pariwisata Kota Manado memiliki keragaman, baik daya tarik wisata maupun fasilitas penunjangnya yang didukung dengan jaringan transportasi dan infrastruktur yang terus berkembang sehingga mempermudah aksesibilitas dan kenyamanan dalam berwisata.

Pulau Bunaken di Kota Manado

Sebagai kota terbesar di Provinsi Sulawesi Utara, Manado merupakan tempat pariwisata yang penting bagi pengunjung.

Wisata alam merupakan atraksi utama di Kota Manado. Scuba Diving dan snorkelling di pulau Bunaken juga merupakan atraksi populer.

Dalam kurun waktu dua dekade terakhir, kegiatan pariwisata tumbuh dengan pesat menjadi salah satu andalan perekonomian Kota Manado.

Primadona pariwisata Kota Manado bahkan Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) adalah Taman Nasional Laut (TNL) Bunaken, yang hingga saat ini disebut sebagai salah satu taman laut terindah di dunia.

Taman Nasional Laut (TNL) Bunaken adalah salah satu dari sejumlah kawasan konservasi alam atau taman nasional di Indonesia.

Taman Nasional Laut (TNL) Bunaken terkenal oleh formasi terumbu karangnya yang luas dan indah sehingga sering dijadikan lokasi penyelaman oleh wisatawan mancanegara.

Pulau Bunaken adalah salah satu dari 3 pulau yang tersebar beberapa kilometer dari pesisir pantai teluk Kota Manado. Letaknya yang hanya sekitar 8 Km dari daratan Kota Manado dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam, menyebabkan taman nasional ini mudah dikunjungi.

Obyek wisata lain yang menonjol di Kota Manado adalah Klenteng Ban Hin Kiong di kawasan Pusat Kota Manado yang dibangun pada awal abad ke-19 dan diperbaiki pada tahun 1970. Klenteng ini terletak di Jalan Panjaitan dan terdiri dari bangunan yang dihiasi dengan ukiran-ukiran naga dan tonggak kayu berapi. Saat yang paling baik untuk mengunjungi klenteng ini, yaitu pada saat Tahun Baru Imlek, saat dipertunjukkannya tarian tradisional Tionghoa dan pada saat kedatangan parade tradisional Tionghoa, Toa Pe Kong yang berasal dari abad ke-14. Peristiwa tersebut merupakan festival ’Taoist tahunan terbesar yang diadakan di Asia Tenggara, sehingga menarik wisatawan dari Jepang dan negara lain.

Lokasi wisata lainnya juga adalah Museum Negeri Kota Manado, dan Monumen (Tugu Peringatan) Perang Dunia Kedua.

Selain memiliki objek-objek wisata yang menarik, salah satu keunggulan pariwisata Kota Manado adalah letaknya yang strategis ke obyek-obyek wisata di hinterland, khususnya di Minahasa, yang dapat dijangkau dalam waktu 1 – 3 jam dari Kota Manado. Objek-objek wisata tersebut antara lain, Vulcano Area di Kota Tomohon, Desa Agriwisata Rurukan-Kota Tomohon, Panorama pegunungan dan Danau TondanoKabupaten Minahasa, Batu Pinabetengan di Kabupaten Minahasa, dan Waruga di Sawangan – Kabupaten Minahasa Utara.

Karena potensi wisata yang besar tersebut maka industri pariwisata di Kota Manado telah semakin tumbuh dan berkembang, yang antara lain ditandai dengan cukup banyaknya hotel dan sarana pendukung lainnya. (Oleh : Rafans Manado),-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s