Manguni, Burung Gaib Orang Manado – Minahasa

Burung Manguni (Mauni = Mengamati) atau yang juga dikenal dengan sebutan Burung Tootosik, oleh orang Manado yang berasal dari Suku Minahasa di daerah Sulawesi Utara (Sulut) di anggap suci oleh karena burung ini di yakini di tugaskan khusus oleh Opo Empung untuk selalu memberi petunjuk kepada orang Manado – Minahasa.

Burung Manguni

Burung Manguni terdapat banyak kekuatan yang di anggap gaib, mungkin sudah banyak dilupakan atau sudah tidak diketahui oleh orang Manado – Minahasa pada umumnya karena hal ini memang di rahasiakan dan hanya diwariskan lewat lisan saja kepada keturunan atau anak – cucu orang Manado – Minahasa.

Di saat leluhur bangsa Minahasa (Manado) sedang hanyut karena peristiwa air bah, mereka disuruh pergi ke tanah yang di janjikan oleh Opo Empung Wangko. Namun mereka tidak tau jalan untuk ke sana, lalu mereka di bimbing oleh burung Manguni dan pada akhirnya mereka mengerti perilaku dari Manguni Makasiyow (Makasiou).

Setiap burung Manguni melakukan hoot nya dengan suara nyaring mengalun yang dilakukan secara berturut-turut, yakni 3 kali 9 atau yang dikenal dengan sebutan telu makasiou, maka itu adalah pertanda kemenangan terbaik.

Tanda itu pun dipakai oleh para leluhur orang Minahasa (Manado) ketika menemukan tempat awal untuk menetap di suatu tempat. Demikian juga menjadi pertanda baik untuk menyerang dalam perang dan dipastikan akan menang, serta pertanda itu bisa juga dapat mengabulkan keinginan mereka.

Angka 3 memiliki arti 3 kekuatan, yakni Tuhan, Alam, dan Manusia. Angka 3 itu sendiri juga mengandung arti 9 kekuatan, yaitu 3 x 3 = 9 . Angka suci suku Minahasa (Manado) adalah 999 dan menjadi angka sempurna yang merupakan kebalikan dari angka manusia 666 atau angka setan. (Oleh : Rafans Manado – dari berbagai sumber),-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s