Upacara 17 Agustus 2012 Di Bawah Laut Manado

Penyelenggaraan upacara bendera dalam rangka memperingati Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) 17 Agustus 2012 di Kota Manado, dilakukan dengan cara yang unik oleh Komunitas Peduli Laut (KPL).

Upacara Bendera Dalam Laut Manado

Spot Underwater Parking Area di kedalaman 17 meter yang terletak di perairan laut Malalayang Dua – Manado dijadikan lokasi upacara oleh para penyelam yang berasal dari POSSI, dive guide, polisi, mahasiswa, dosen, pegawai, dan penggiat dunia bawah laut. Bertindak selaku inspektur upacara dosen Politeknik Negeri Manado – Frans Rattu.

Dengan mengangkat tema “Selamatkan Dan Merdekakan Laut”, para komunitas KPL ingin masyarakat semakin peduli terhadap ekosistem bawah laut yang merupakan sumber kehidupan Kota Manado. Angka 17 dan 8 pada kegiatan tersebut juga bukan sembarang angka.  Angka 17 meter di bawah permukaan laut adalah simbol tanggal kemerdekaan Republik Indonesia, sedangkan 8 meter pada tiang bendera adalah bulan Agustus.

Upacara tersebut berlangsung sekitar 20 menit dan para peserta upacara menggunakan kostum kebesarannya masing-masing, seperti seragam KORPRI, ASKES, dan baju Batik. Kode-kode untuk setiap sesion upacara ditandai dengan ketukan pada tangki tabung selam, seperti ketukan satu kali tandanya hormat bendera dan ketukan 3 kali perpindahan sesi upacara.

Selain upacara bendera, dilakukan pula kegiatan sapu laut dan penataan spot Underwater Parking Area (UPA) yang merupakan ‘terumbu buatan’ sebagai prakarsa dari Poltabes Manado. Spot penyelaman terbaru yang terdiri dari motor-motor bekas ini diharapkan dapat menjadi alternatif objek wisata bawah laut.

Tahun depan 2013 yang akan datang, telah dipersiapkan penyelenggaraan kegiatan yang lebih besar dengan jumlah peserta yang lebih banyak agar dapat dijadikan agenda pariwisata Kota Manado.

Kegiatan kali ini didukung sepenuhnya oleh pihak Poltabes Manado, Politeknik Negeri Manado, dan Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kota Manado. (Editor : Rafans Manado – dari berbagai sumber),-

One response to “Upacara 17 Agustus 2012 Di Bawah Laut Manado

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s