Bidang – Bidang Dalam Keilmuan Pariwisata

Ilmu pariwisata, yaitu ilmu yang mempelajari teori-teori dan praktik-praktik tentang : (1) perjalanan wisatawan, (2) aktivitas masyarakat yang memfasilitasi perjalanan tersebut, dan (3) berbagai implikasinya bagi berbagai aspek kehidupan masyarakat luas, maka dapat dilihat adanya berbagai bidang di dalam ilmu ini, antara lain :

Teluk Manado

– Bidang Perilaku Dan Kebudayaan

Sepanjang pariwisata dilakukan oleh manusia, maka kegiatan tersebut akan terikat pada aspek individu serta budaya masyarakat yang melingkupi. 

– Bidang Ekonomi Dan Bisnis

Pariwisata dapat dipahami sebagai produk, yaitu suatu komoditas yang sengaja diciptakan untuk merespon kebutuhan masyarakat. Konsep triple A (atraksi, amenitas, aksesibilitas) atau sistem pariwisata, (yaitu : perjalanan/travel, tujuan/destinasi, dan akomodasi), yang digunakan untuk menjelaskan elemen produk pariwisata sesungguhnya menunjuk pada hasil kegiatan memproduksi dan/atau mereproduksi komoditas yang dikonsumsi oleh wisatawan. Sebutan pariwisata sebagai industri juga menekankan kaitan dengan aspek-aspek ekonomi dan bisnis.

– Bidang Kebijakan Dan Kelembagaan

Sebagai sebuah fenomena besar yang memiliki dampak luas, pariwisata perlu dikelola pada skala makro. Peran negara, misalnya, sangat menentukan perkembangan kepariwisataan, dan negara terkadang menggunakan kepariwisataan sebagai alat politik.

– Bidang Pengelolaan Dan Perencanaan

Pengelolaan, termasuk di dalamnya perencanaan, dapat berada pada skala makro maupun mikro, pada satu bagian dari sistem atau sub-sistem pariwisata. (Editor : Rafans Manado – dari berbagai sumber),-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s