Pemahaman Strategi Pamasaran Pariwisata

Strategi pemasaran menurut Marpaung (2002: 98) adalah dasar dari seluruh kebijaksanaan perusahaan, karena strategi pemasaran merupakan basis dari penentuan serta memberikan pengarahan bagi keputusan perusahaan.

Air Terjun Desa Kali – Pineleng Kab. Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut)

Rencana perusahaan juga berisi rencana rancangan tindakan yang perlu diambil bagi setiap elemen dari marketing mix. Sehingga tugas dari seorang marketing tidak hanya terkait pada pengambilan keputusan operasional, melainkan juga harus terlibat dalam rencana-strategi jangka panjang.

Hubungan antara strategi pemasaran dengan strategi kebijaksanaan perusahaan dapat disimpulkan sebagai berikut :

  1. Misi organisasi pariwisata, misi suatu organisasi pariwisata merupakan rencana jangka panjang yang ingin dicapai disertai dengan tindakan-tindakan yang sesuai dengan target yang ingin dicapai tersebut.
  2. Kebijaksanaan perusahaan, merupakan penjabaran misi organisasi yang dituangkan kedalam bentuk target-target yang lebih spesifik dari tiap misi yang akan dicapai dalam jangka waktu tertentu.
  3. Rencana strategi perusahaan, adalah pernyataan langkah-langkah pelaksanaan dan pemanfaatan sumber daya secara detail.

Strategi alternatif pemasaran pariwisata : market penetration, market development, new product development.

Market penetration dicapai dengan meningkatkan produktivitas dan mengungkit masalah pemasaran, market development dilakukan melalui proses mengidentifikasikan pelanggan baru untuk produk-produk yang akan dijual, dan strategi new product development bertujuan memperluas basis pasar dengan meng-embangkan produk baru. (Editor : Rafans Manado),-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s