Indonesia Diusulkan Menjadi Tujuan Wisata Dunia

Perkembangan pariwisata Indonesia memberi dampak positif bagi perekonomian. Hal ini mendorong banyak pihak untuk mengusulkan Indonesia menjadi tujuan wisata dunia disamping Inggris, Liberia, dan Tunisia.

Pantai Tumpaan Minsel – Sulawesi Utara (Sulut)

Direktur ILO Indonesia – Peter Van Rooij mengusulkan agar Indonesia menjadi tujuan pariwisata internasional untuk menyukseskan program Milenium Development Goals (MDGs).

Ada beberapa alasan, antara lain pariwisata Indonesia mampu menyerap 7 juta pekerjaan di sektor ekonomi. Pariwisata sangat penting untuk perekonomian Indonesia.

Industri pariwisata berkontribusi sangat besar dalam mendorong roda ekonomi Indonesia. Karenanya, usulan Indonesia menjadi tujuan pariwisata internasional setelah Inggris, Liberia, dan Tunisia, dinilai sudah tepat.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI – Sapta Nirwandar menyatakan bahwa arah pengembangan pariwisata ke depan adalah berkelanjutan. Makanya, prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan harus tetap dijaga, dimulai dari lingkungan terdekatnya.

Yang penting dilakukan adalah pemerataan pembangunan destinasi pariwisata di daerah-daerah lain. Contoh pembangunan industri pariwisata di Bali. Sarana pendukung pariwisata Bali dan obyek wisata bertumpuk di Bali selatan.

Ke depan, mesti ada pemerataan. Maka perlu ada insentif bagi pembangunan di daerah lain selain Bali selatan sehingga pariwisata Bali menyebar. Ada pembagian yang proporsional, itu akan memberi kebahagiaan yang merata.

Pemerintah telah berupaya mendukung pariwisata berkelanjutan dengan membuat cetak biru pariwisata nasional, yang memuat rencana-rencana strategis.

Mira Gunawan – Konsultan ILO menambahkan, diperlukan adanya strategi kunci dan implementatif guna mengembangkan pariwisata berkelanjutan. Terpenting adalah perubahan pola pikir. Itu strategi kunci pertama.

Indikator kesuksesan industri pariwisata tidak hanya dari jumlah kunjungan wisatawan dan jumlah perjalanan wisata domestik. Namun tak kalah pentingnya, bagaimana perkembangan pariwisata itu mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat sekitar. (Editor : Rafans Manado),-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s