Bentuk-Bentuk Wisata Dari Sudut Pandang Geografi

Wisata dapat dibentuk dalam banyak macam berdasarkan pada wisata yang digunakan, transport yang dipakai, pengeluaran, atau interaksi wisatawan dengan daerah tujuan wisata.

Mapia Resort & Diving Spot – Kalasey Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut)

Dari sudut pandang geografi (pariwisata), dibedakan menjadi wisata internasional dan domestik dan panjang pendeknya wisata. Wisata domestik mencakup mereka yang melakukan perjalanan di negara mereka, sedangkan wisata internasional adalah mereka yang melakukan perjalanan dengan melewati negara dimana mereka tinggal, dengan kata lain mereka harus melewati batas negara dan cenderung menggunakan mata uang asing dan berbicara dengan bahasa asing (negara tujuan wisata).

Luas negara merupakan hal yang penting untuk diperhitungkan, negara yang luas biasanya memiliki variasi atraksi wisata yang lebih beragam dengan didukung fasilitas, tapi sisi lain semakin jauh jarak antar daerah tujuan wisata di negara tersebut, akan menghambat laju pergerakan para wisatawan dalam menikmatinya. Contoh : volume wisata domestik di Amerika meliputi 90%, sedangkan di Netherlands hanya mencakup 50% dari wisata domestik. Dapat dikatakan contoh diatas, bahwa jarak hanya diatasi dengan fasilitas transportasi yang memadai sehingga hambatan untuk melakukan perjalanan dari daerah tujuan wisata yang satu ke yang lain dapat dikurangi.

Dalam masyarakat Eropa, sejak tanggal 1 Januari 1993, seluruh perjalanan wisata dari negara-negara anggota European Community (EC) ditetapkan sebagai perjalanan domestik. Wisata jarak jauh biasanya merupakan perjalanan yang dilakukan lebih dari 3.000 kilometer. Sedangkan wisata jarak dekat, meliputi perjalanan yang dilakukan dibawah jarak tersebut.

Pengaturan jarak tersebut diatas sangat berpengaruh dalam operasional sebuah maskapai penerbangan dan pemasarannya.

Pembagian wisata yang mendasar dapat dilihat dari tujuan kunjungan, seperti wisata liburan yang merupakan bentuk wisata yang banyak dijumpai, yang biasanya dikenal dengan matahari, laut, dan pasir (sun, sea, and sand) diamana cuaca yang baik dan pantai merupakan aktivitas yang penting dan berhubungan erat satu sama lain, dengan kata lain perjalanan, melihat pemandangan dan budaya adalah pencarian akan daerah wisata dan gaya hidup yang berbeda dengan yang ada di daerah asal wisatawan.

Bentuk wisata dengan tujuan mengunjungi teman dan famili merupakan umum dilakukan, terutama bagi masyarakat Asia yang memiliki keterikatan antar anggota keluarga yang masih kuat, sehingga wisata ini hampir atau tidak menggunakan sarana umum seperti akomodasi karena cenderung menginap ditempat sanak saudara atau teman yang mereka kunjungi.

Wisata bisnis merupakan aktivitas wisata yang didasari oleh motivasi untuk menghadiri suatu kegiatan perdagangan dan konferensi atau sejenisnya. Meskipun demikian, para pelaku wisata bisnis belum tentu disebut sebagai wisatawan yang meluangkan waktunya untuk bersenang-senang meskipun mereka menggunakan fasilitas wiasata yang disediakan, karena kegiatan bisnis mereka adalah rutinitas kerja dan merupakan profesi bukan penggunaan waktu lenggang.

Untuk memudahkan pengertian, wisata liburan dan wisata kunjungan keluarga (relatives) memiliki waktu dan jadwal aktivitas yang lebih beragam dan leluasa, sedangkan wisata bisnis adalah aktivitas yang dilakukan lebih terikat pada waktu dan kegiatan yang padat dan terencana. Namun seluruh nya lebih tergantung dengan proporsi antara waktu yang digunakan dengan kegiatan yang dilakukan.

Seluruh kegaiatan wisata yang dilakukan apapun bentuknya akan berdampak pada lingkungan baik secara fisik, sosial, budaya, dan ekonomi masyarakat sekitar teruatama pariwisata masal (tourism mass) yang perlu diperhitungkan dampak negatifnya. (Editor : Rafans Manado – dari berbagai sumber),-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s