Cerita Watu Pinawetengan Di Minahasa – Sulut

Keturunan Toa’r dan Lumimuut telah berkembang biak memenuhi wilayah pemukiman awal mereka, yaitu Tu’ur in Tana.  Sampai suatu masa datanglah musibah serta bencana alam beruntun yang menjadi peringatan agar mereka harus mengosongkan Tu’ur in Tana dan menemukan lahan penghidupan yang baru.

Watu Pinewetengan di Kab. Minahasa – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut)

Atas petunjuk burung Manguni, maka sampailah mereka di sekitar sumeseput dan disanalah kehidupan baru mereka bagi keturunan Toa’r Lumimuut.

Dalam melaksanakan upacara Tumotowa, yang digunakan adalah sebuah altar alam yang berupa batu besar yang memanjang dari arah timur ke barat. Saat itu juga mereka mengatakan bahwa batu yang besar ini sebagai Tumotowa wangko (mesbah agung). 

Dengan dipimpin Tonaas Walian Wangko (pemimpin pemerintahan sekaligus pemangku adat), mereka melangsungkan upacara dengan kurban bakaran yang sangat banyak berupa hewan hutan hasil buruan para waraney.

Disinilah dicetuskan Nuwa Tua (amanat yang dituakan) yang kemudian dikenal dengan amanat Watu Pinawetengan; bahwa tanah ini milik kita bersama sesuai petunjuk burung manguni.

Bagikanlah tanah ini, rambahlah tapal baru lahan penghidupan wahai para pekerja.  Kuasai dan pertahankan wilayah wahai satria, agar keturunan kita dapat hidup dan memberi kehidupan.  Akad se tu’us tomou tou !. 

Mezbah ini kemudian disebut Watu Pinawetengan sebab di batu inilah dirundingkan dan diamanatkan pembagian wilayah pemukiman kaum keturunan Toar Lumimuut.

Watu Pinawetengan menjadi tempat pertemuan para pemimpin anak-anak suku bangsa Minahasa setiap kali mereka menghadapi persoalan besar dan membutuhkan pengukuhan kembali janji setia maesaan (persatuan). (Editor : Rafans Manado – Sumber, Balai Pelestarian Sejarah dan Nilai Tradisional Manado),-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s