Indahnya Danau Tondano Di Kabupaten Minahasa

Danau Tondano berada di Desa Remboken Kabupaten Minahasa (Induk) yang berjarak sekitar 30 km dari Kota Manado, Ibukota Provinsi Sulawesi Utara dan dapat ditempuh dengan menggunakan angkutan darat.

Pulau Likri di Danau Tondano – Minahasa

Danau Tondano diapit oleh Gunung Kaweng, Pegunungan Lembean, Bukit Tampusu, dan Gunung Masarang. Danau ini dikelilingi jalan raya yang menghubungkan Kota Tondano, Kecamatan Tondano Timur, Tondano Selatan, Kecamatan Kakas, Kecamatan Eris, dan Kecamatan Remboken.

Memiliki luas sekitar 4.278 hektar dengan ukuran 5 kilometer kali 11 kilometer yang berada di ketinggian 684 meter dpl, sehingga membuat udara di danau ini begitu sejuk dengan pemandangan perbukitan yang hijau.

Danau Tondano merupakan danau penghasil ikan air tawar, seperti ikan mujair, ikan gabus, ikan tawes, ikan gurame, lobster hitam, dan lainnya.

Keunikan dari danau ini adalah adanya pulau kecil yang bernama pulau Likri di bagian tengah agak ke pinggir danau. Ukuran pulau Likri sekitar 100 m kali 30 m sehingga terlihat hanya seperti segumpal rumput yang mengambang di tengah danau.

Dari tepiandanau Tondano terlihat jelas Gunung Kaweng. Menurut cerita rakyat Minahasa, danau ini terjadi karena adanya letusan yang dahsyat akibat dari sepasang manusia berlainan jenis yang melanggar larangan orang tua untuk kawin. Sehingga meletuslah kembaran gunung Kaweng dan berubah menjadi danau Tondano.

Terdapat beberapa rumah sederhana yang terbuat dari bambu menjorok ke danau mirip dermaga kecil, sehingga sangat cocok untuk tempat bersantai memancing ikan sembari menikmati panorama alam dan berfoto ria.

Para pengunjung juga dapat menyewa perahu milik penduduk setempat untuk berkeliling danau sambil melihat keindahan pemandangan gunung Kaweng yang berselimut pohon-pohon hijau.

Danau Tondano oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa dijadikan salah satu obyek wisata dan sering diadakan berbagai kegiatan, seperti lomba dayung, lomba perahu hias, lomba tangkap ikan tanpa alat, parade perahu bolotu, dan lain-lain. (Oleh : Rafans Manado),-

One response to “Indahnya Danau Tondano Di Kabupaten Minahasa

  1. kalo di wilayah saya, ada Danau Toba..

    danau terbesar di Indonesia.

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s