“Nasi Jaha” Kue Khas Orang Minahasa – Sulawesi Utara

Nasi Jaha berasal dari kata “Nasi” dan “Jahe” karena terbuat dari bahan campuran beras ketan dan jahe lalu dibumbuhi dengan santan kelapa kemudian di panggang diatas bara api.

Kue Nasi Jaha Khas Minahasa

Kue Nasi Jaha Khas Minahasa

Cara membuat kue nasi jaha, yakni pertama-tama disiapkan adalah bambu atau bulu tui, daun laikit atau daun pisang, beras ketan yang dibumbuhi dengan jahe atau goraka, garam secukupnya, serta irisan bawang merah dan bawang putih.

Selanjutnya, daun laikit (daun pisang) dimasukkan dalam bambu agar supaya beras ketan tidak akan lengket di bambu. Kemudian beras ketan dimasukkan ke dalam bambu sampai sekitar 3/4 (tiga per empat) setiap satu ruas bambu. Terakhir masukkan perasan santan kelapa dalam bambu sampai hampir penuh. Lalu bambu dipanggang di atas bara api sampai matang.

Metode dan cara pembuatan nasi jaha ini sangat tradisional. Menurut para nenek moyang orang Minahasa di daerah Sulawesi Utara (Sulut), kue nasi jaha sering dihidangkan pada acara-acara tertentu baik dalam upacara adat, hari raya keagamaan, dan hari raya nasional dan kedaerahan.

Sampai saat ini kue nasi jaha menjadi kue yang sangat familiar dengan masyarakat Minahasa. Dan kue nasi jaha dapat dibeli dimana saja termasuk di sejumlah kios kue di Kota Manado dan sekitarnya. Bahkan di daerah lain seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Bali ada yang menjual kue nasi jaha. (Oleh : Rafans Manado – Sumber : Inside Manado),-

 

One response to ““Nasi Jaha” Kue Khas Orang Minahasa – Sulawesi Utara

  1. Mantap nih artikelnya.
    Jadi tahu budaya daerah-daerah di Indonesia ini.
    Oya, salam kenal juga yach. :)

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s