Transportasi Kota Manado

Transportasi Di Kota Manado, yakni :

Bendi, Angkutan Tradisional Kota Manado

1. Transportasi Udara

Kota Manado melalui bandar udaranya, Sam Ratulangi terhubung dengan beberapa kota besar lain di Indonesia seperti, Jakarta, Surabaya, Makassar, Balikpapan. Selain itu bandara ini juga mempunyai penerbangan langsung dari dan ke luar negeri yaitu Singapura, Manila, Kuala Lumpur dan Davao, Filipina. Bandara yang mengalami renovasi di tahun 2001 ini merupakan salah satu dari 11 pintu gerbang utama pariwisata di Indonesia. Panjang landas pacu sepanjang 2650 m dan lebar 45 m, bandara ini sanggup untuk didarati pesawat berbadan lebar sejenis Boeing 777-200 dan Airbus A330.  Terminal penumpangnya memiliki fasilitas penunjang berstandar internasional dan dilengkapi dengan empat buah garbarata.

2. Transportasi Laut

Dermaga (Pelabuhan) Manado umumnya dilayani oleh kapal-kapal berukuran kecil. Hal ini dikarenakan lokasi perairan Manado yang berdekatan dengan lokasi Taman Laut Bunaken yang dilindungi dan juga perairan yang cukup dangkal. Pada umumnya, kapal-kapal yang bersandar di pelabuhan Manado adalah kapal dengan tujuan Kepulauan Sangihe dan Kepulauan Talaud serta Ternate. Speed boat dari dan menuju Bunaken umumnya berlabuh di dermaga ini.

3. Transportasi Darat

Sistem transportasi darat Kota Manado dilayani oleh Oplet, yakni angkutan kota yang biasa disebut Mikrolet dan Taksi Argo juga Ojek serta Bendi sebagai angkutan tradisional. Sebagian besar rute dalam kota dilayani oleh mikrolet yang menghubungkan beberapa terminal bus dalam maupun luar kota dengan pusat kota Manado. Mikrolet umumnya beroperasi hingga pukul 22.00 wita (hari kerja) atau pukul 00.00 wita (akhir pekan).Mikrolet di Manado sudah di modifikasi dan di lengkapi dengan sound system yang lengkap ada juga yang menaruh layar LCD bahkan tidak tanggung-tanggung untuk memodifikasi bagian interior mobil, ini untuk memenuhi tingkat kenyamanan penumpang. Taksi Argo umumnya melayani rute-rute ke luar kota serta rute Bandara Internasional Sam Ratulangi. (Oleh : Rafans Manado),-

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda Disini :

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s